STRENGTH (kekuatan)
1.      Hotel Berbintang 5
2.      Memiliki jumlah kamar yang banyak (483 kamar) dengan kualitas    kamar mewah.
3.      Jarak dengan Airport dekat (30 menit)
4.      Terletak di lokasi yang strategis dekat dengan pusat pemerintahan, tempat rekereasi, dan shopping mall.
5.      Memiliki fasilitas guest room yang lengkap.
6.      Memiliki 14 ruang serbaguna yang elegan termasuk 1 luxury ballroom untuk event banquet.
7.      Memiliki berbagai hidangan yang menarik dan lezat.
8.      Memiliki hubungan baik dengan vendor. Melakukan pemasaran langsung/kerja sama secara langsung ke  perusahaan/pemerintahan


·       WEAKNESS( kelemahan)
1.     Lahan parkir yang kurang luas. Tidak sebanyak jumlah kamar.
2.     Adanya tiang di dalam ballroom.
3. Size kolam renang yang kurang besar.
4. Fasilitas Spa hanya untuk pria. dan masih outsource.
5. Jumlah kamar yang memiliki dua single bed tidak terlalu   banyak.
6. Kurangnya keramahan antara staff hotel dengan guest
 7. Kurangnya experience para pekerjanya.




·       OPPORTUNITY(Peluang)
1.    Pemilu, banyaknya partai2 yang ingin melakukan rapat partai atau kampanye,  bisa menjadi peluang bagi hotel untuk menawarkan fasilitas meeting room yang dimilikinya.
2.    Karena berada di pusat kota yang berdekatan dengan tempat rekreasi, membuat GRAND MERCURE JAKARTA HARMONI bisa menjadi pilihan customer untuk menginap.
3.    Karena berada dekat pusat pemerintahan, membuat GRAND MERCURE MAHA CIPTA menjadi pilihan para perwakilan pemerintah daerah untuk menginap.
4.    Banyaknya pesta pernikahan yang membutuhkan ballroom hotel yang besar dengan fasilitas yang bagus dan lokasi yang strategis.
5.    Gencarnya program pemerintah dalam bidang pariwisata.
6.    Menjalin kerjasama dengan beberapa travel agent


·       THREATS(Ancaman)
1.Banyaknya hotel-hotel lain yang memiliki brand image lebih kuat.
 2.Berlokasi di daerah yang disekelilingnya juga terdapat hotel-hotel competitor.
3.Berlokasi di daerah yang secara image terlihat kurang baik.
4.Pemilu, membuat sales hotel menurun dikarenakan kecenderungan customer untuk memesan kamar juga menurun. 
5.Terletak di area lampu merah dan cenderung memiliki jalur lalu lintas

Comments